SELAMAT DATANG DIBLOG RESMI HMI KOMISARIAT HUKUM UIR, TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI...!!!

Minggu, 20 Oktober 2019

"Sukarelawan Mahasiswa Fakultas Hukum UIR"



       Tim sukarelawan FH yang terdiri dari 6 orang di antaranya yaitu Fius, Reki, Boi, Putra, andi, dan yudha. Beberapa hari yang lalu kami melakukan sebuah pekerjaan yang begitu sederhana dengan tidak mengharapkan upah atau imbalan dalam bentuk lain.

       Kesukarelawanan umumnya dianggap sebagai kegiatan altruistik di mana seorang individu atau kelompok memberikan layanan tanpa keuntungan finansial atau sosial "untuk menguntungkan orang lain, kelompok atau organisasi".

       Berawal dari  sebuah lingkungan yang mulai terlihat tak berseri, tak rapi dan tak tampak indah seperti biasanya. kami bukanlah sekelompok pengamat lingkungan!  Iya benar,  tapi kami sebagai agen of change, agen of control & agen of social yang kritis dalam menanggapi berbagai gejala politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Maka tak ada batasan bagi kami sebagai mahsiswa dalam mengamati dinamika globalisasi pada dunia ini baik dalam ruang lingkup besar maupun kecil.  
 
       Mahasiswa itu tidak hanya sekedar aktif di dalam bidang akademik namun juga harus berusaha untuk berperan di berbagai kegiatan seperti pembersihan untuk istana kita sendiri yaitu FH yang kita banggakan, benar kata para ahli jangan mengharapkan apa yang kamu terima, namun berusahalah apa yang kamu berikan.
Jangan kau tanyakan berapa rupiah yang kami dapatkan, tapi tanyakanlah kenapa kamu mau melakukannya?. Dan disaat itu juga aku akan mengajakmu untuk duduk bersama dan akan aku ceritakan betapa pentingya menjaga rumahku sendiri. "Ini lah yang kami jadikan prinsip oleh tim sukarelawan, ( ujar Reki, salah satu penggagas pergerakan Lingkungan Sehat di FH Uir).

       Sebagai gambaran baik maupun buruk tergantung dari sudut pandang mana orang menilainya. Hal ini kami tak peduli! intinya kami sangat senang sebab kami mengerjakan nya dengan sukarela karna kami hanya ingin FH yang berakreditasi ( tidak hanya dalam bidang akademik namun juga harus di imbangi oleh bidang kenyamanan melalui beberapa aspek, diantaranya( kebersihan lingkungan) yang membawa dampak sehat bagi masyarakat FH UIR.

       Namun apa yang terjadi berbanding terbalik terhadap sudut pandang Mahasiswa lain nya, mengapa tidak? Kegiatan sederhana tersebut mendapat tanggapan negatif dari berbagai mahasiswa dengan iming-iming  mendapatkan job dari pimpinan padahal itu tidak sama sekali. Banar kata aristoteles bahwa suatu perbuatan kecil akan mendapatkan tanggapan besar oleh masyarakat dan suatu perbuatan besar akan mendapatkan tanggapan sedikit oleh masyarakat.

       Padahal kami selaku tim sukarelawan bekerja tidak ada berdasarkan perintah namun hati kamilah yang ingin mengabdikan diri untuk kemajuan FH agar menjadi FH yang tidak hanya bermartabat namun juga ramah lingkungan.

penulis berharap kepada mahasiwa terkhususnya mahasiswa yang apatis dan mahasiswa yang aktif pada umumnya untuk mau meluangkan waktunya demi kenyamanan kita semua yaitunya dengan membersikan intana kita sendiri.....

Tak lupa pula penulis ucapkan terima kasih kepada senior saya kanda Syahdi, afif, tahnia, dan sejawat saya yakni Yudha, Boi, serta putra. Atas berkat merekalah tulisan ini menjadi sangat berharga bagi penulis.

penulis : REKI WAHYUDI
semester : 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daerah bebas berekpresi...!!! Silakan berkomentar semaunya asal tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), Komentar yang mengandung Unsur SARA akan dihapus.

TTD

REKI WAHYUDI
Admin Blog HmI Hukum UIR